Jumat, 04 Agustus 2017

Tips Mengurangi Biaya Pengeluaran untuk Acara Khitanan
Khitan atau sunat adalah salah satu kewajiban bagi para pria pemeluk agama Islam. Biasanya khitanan dilakukan saat masih anak-anak. Orang tua biasanya mengadakan acara syukuran dengan mengundang sanak saudara dan tetangga. Kadang kala acara khitanan ini diadakan besar-besaran sebagai bagian dari tradisi contohnya saja acara Sisingaan yang mengundang beberapa penari serta pemain musik daerah.
Khitan sebetulnya tidak perlu dirayakan, namun ada saja orang tua yang berpendapat lain bahwa khitan adalah peristiwa penting dalam kehidupan si anak yang perlu dirayakan dengan meriah. Tentu saja itu berarti orang tua harus siap mengeluarkan dana yang tidak sedikit. Agar biaya pengeluaran tidak membengkak, para orang tua bisa mengikuti tips-tips di bawah ini.
Mengetahui kondisi keuangan
Sebelum membuat rencana sebaiknya orang tua mengetahui bagaimana kondisi keuangan rumah tangga saat ini. Yang wajib adalah tindakan khitannya, bukan acara perayaannya. Jadi jangan memaksakan diri membuat acara khitanan jika kondisi keuangan tidak memungkinkan.
Sebetulnya kondisi keuangan bisa diatur sedini mungkin sejak anak dilahirkan atau bahkan sebelum anak lahir. Saat orang tua melahirkan bayi laki-laki, orang tua tentu tahu bahwa suatu saat nanti mereka membutuhkan biaya untuk mengkhitan anak. Jadi alangkah baiknya mereka menabung sejak saat itu. Terlepas dari mereka nantinya akan merayakan khitanan atau tidak, menabung adalah kebiasaan baik yang sangat bermanfaat di kemudian hari.
Tentukan bujet
Dalam membuat rencana acara pun, kita harus menentukan bujet seberapa banyak biaya yang mampu kita kucurkan untuk menyelenggarakan acara termasuk acara. Bujet ini gunanya untuk mengendalikan nafsu berbelanja orang tua. Jika tidak ada bujet, orang tua bisa kewalahan saat melihat tagihan biaya nantinya. Bujet ini juga mempermudah orang tua menentukan pilihan. Jika ada beberapa pilihan yang membuat orang tua bingung, bujet bisa memandu orang tua memilih barang dengan cepat yang sesuai dengan kondisi keuangan.
Tentukan jumlah tamu
Jika Anda sebagai orang tua ingin mengadakan khitan di rumah, Anda perlu menentukan jumlah tamu yang diundang sejak awal rencana dibuat. Jumlah tamu bisa berpengaruh terhadap biaya pengeluaran. Semakin banyak tamu yang diundang tentu akan semakin banyak biaya yang harus dikeluarkan untuk membiayai makanan, peralatan makan, kursi, tenda, dan souvenir. Menentukan jumlah tamu bisa dengan mempertimbangkan kapasitas rumah Anda dalam menerima tamu dan bujet.
Cari vendor yang menawarkan paket khitan
Paket khitan biasanya mencakup biaya sewa dekorasi, biaya katering, biaya hiburan, dan biaya dokumentasi. Banyak orang yang menganggap paketan jatuhnya lebih mahal daripada mencari satu-satu. Memang ada vendor yang mematok harga mahal, tapi masih banyak vendor yang menawarkan paket khitan dengan harga bersahabat. Tugas Anda adalah mencari dan membandingkan antara vendor satu dengan yang lain.
Selain itu paket khitan ini membantu Anda dalam menghemat waktu dan energi. Anda tidak perlu susah payah mencari apa yang diperlukan untuk acara khitanan di rumah karena semua sudah diatur oleh vendor.  Keuntungan lain memilih paket khitan yaitu Anda lebih mudah mengawasinya.
Tidak ada yang salah dengan perayaan khitan karena tujuannya mensyukuri peristiwa penting dalam hidup anak kesayangan. Yang salah adalah jika acara khitanan dianggap sebagai suatu kewajiban sehingga menimbulkan tekanan pada orang tua. Jika memang orang tua hanya mampu membuat acara khitanan di rumah secara sederhana, ya sudah lakukan sesuai kemampuan. Jangan terjebak rasa ingin bersaing dengan tetangga atau rasa minder sehingga mengadakan acara khitanan jauh di luar kemampuan dan menimbulkan hutang dimana-mana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar